Wednesday 17 February 2016

Wafatnya Abdullah Ayahanda Rosulullah


Rasululloh shallallahu 'alaihi wasallam belum pernah melihat ayahnya yang telah meninggal dunia di Madinah, ditengah-tengah keluarga paman dari pihak ibunya dari Bani 'Adi bin Najjar. Pada saat ada kepentingan dagang, lalu ia jatuh sakit ketika ia hendak kembali. Dan akhirnnya meninggal dunia, lalu dikubur disana. Dan riwayat yang paling kuat adalah perkataan Az-zuhri secara mursal : "Abdul Muthalib mengutus Abdullah bin Abdul Muthalib mengurus kurma yang dibawa dari yatsrib lalu Abdullah meninggal dunia ditengah perjalannya.Tidak lama kemudian Aminah melahirkan Rasululloh dan beliau berada dibawah asuhan kakeknya, Abdul Muthalib. Ada sebuah hadist yang sesuai dengan perkataan Az-zuhri yaitu diriwayatkan oleh Qais bin Makhramah seorang sahabat yang menyebutkan kelahiran Rasululloh, ia berkata : "Ayahnya meninggal dunia ketika ibunya sedang mengandungnya."( Al-hakim, Al-mustadrak 2:605).
Yang Masyhur bahwa Nabi dilahirkan dalam keadaan yatim. Ibnu katsir berkata : "Ini merupakan keyatiman yang sangat baik dan palinh tinggi derajatnya"(ibnu katsir, As-sirah 1:260).
Dan didalam Alquran telah disebutkan keyatiman beliah : "Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu dia melindungimu?"(QS. Ad-dhuha : 6).

💫Perihal kehamilan Aminah💫

Ada riwayat-riwayat yang sebagiannya menguatkan sebagian yang lain sampai derajat hasan, seputar masalah kelahiran beliau yang menyatakan bahwa ketika Aminah melahirkan, ia melihat seberkas cahaya keluar dari dirinya dan menerangi istana-istana Bushra di negeri Syam

🍼Wanita-Wanita yang pernah menyusui Nabi🍼

Dalam hadist shahih dinyatakan bahwa tsuwaibah -hamba sahaya abu lahab- pernah menyusui beliau. Dinyatakan dalam suatu riwayat bahwa paman beliau Hamzah bin Abdul Muthalib adalah saudara sepersusuan beliau. Adapun riwayat tentang Halimah As-Sa'diyah yang menyusui beliau dr Bani saad dan keberkahan yang beliau didusun bani sa'ad dan keberkahan yang beliau bawa, maka riwayat ini terdapat hampir diseluruh buku-buku sirah, baik yang kuno maupun yang baru, dan yang pertama kali menampilkan ini dalam buku sirah adalah Muhammad bin Ishaq (wafat 151 H).
Dan penyusuan nabi kepada Halimah As-Sa'diyah di Bani Sa'ad tetap kuat periwayatannya karena didukung oleh riwayat-riwayat dari jalan lain.

________________________________
   AIHQ PREMIUM DK PSDM
                       ODOJ
________________________________

No comments:

Post a Comment