Tuesday 16 February 2016

Ayat Pilihan Hari Ini


وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan membukakan jalan keluar baginya,
Dan dia memberikan Rezeki dari arah yang tidak disangka, dan Barangsiapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.
(Q.S At Thalaq: 2-3)

Sesungguhnya, taqwa adalah pangkal segala urusan. Hati yang takut kepada Allah tidak akan pernah bermaksiat kepada-Nya dan tidak akan ada kesempitan yang menimpanya.

Didalam syarah ilya dari kitab Ma'rifatus Shahadah, Syaikh Abu Nu'aim mengatakan bahwa sayyidina Basith Radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa Baginda Nabi Muhammad Saw bersabda,
"Rumah rumah yang didalam nya terdapat tilawah Al Qur'an akan terlihat bersinar bagi para penduduk langit, sebagaimana bintang bintang terlihat bersinar bagi penduduk bumi". Hadits ini telah di ringkas dari kitab At Targhib.

Dari Sayydina Abu Dzar Radhiyallahu 'anhu ia berkata " Ya Rasulullah wasiatilah saya." beliau bersabda, "Bertaqwalah kepada Allah Swt, sesungguhnya taqwa adalah pangkal dari semua urusan, saya berkata, " Ya Rasulullah, tambahkan lagi nasihat untuk saya. "Beliau bersabda, bacalah Al Qur'an, karena ia adalah Nur bagimu didunia dan simpanan bagimu di akhirat" (HR Ibnu Hibban)

Sayyidina Abu Dzar Radhiyallahu 'anhu bertanya lagi, "Ya Rasulullah wasiatilah saya!" pertama-tama baginda Rasulullah mewasiatkan taqwa kepada saya. Lalu beliau bersabda taqwa adalah dasar dan pangkal segala urusan." saya berkata "Ya Rasulullah tambahkan lagi!" Beliau bersabda, "perbanyaklah membaca Al Qur'an dan mengingat Allah SWT, karena itu Nur di dunia dan simpanan di akhirat. " saya berkata tambahkan lagi!" beliau bersabda "jangan banyak tertawa, karena tertawa akan mematikan hati dan menghilangkan Nur di wajahmu (merugikan Jasmani dan Rohani)." Beliau bersabda lagi, "pentingkanlah jihad, karena jihad adalah kerahiban umatku (dalam umat dahulu rahib adalah orang yang memutuskan seluruh hubungan dengan dunia dan hanya konsentrasi ibadah kepada Allah SWT). Saya meminta tambahan lagi. Beliau bersabda "Perbanyaklah bergaul dengan orang-orang miskin. Jadikanlah mereka sebagai teman. Selalulah duduk bersama mereka." Saya meminta tambahan lagi. Beliau bersabda "Lihatlah selalu orang orang dibawahmu (agar kamu terbiasa bersyukur), dan jangan melihat yang diatasmu sehingga kamu akan meremehkan nikmat Allah, saya meminta tambahan lagi beliau bersabda " Hendaklah keburukanmu menahanmu dari mencaci orang lain. Janganlah mencari aib orang lain, sedangkan kamu sendiri melakukannya. Cukuplah sebagai bahan untuk mencela dirimu bahwa kami melihat aib orang lain, sedangkan aib itu ada pada dirimu, tetapi kamu tidak menyadarinya atau kamu mengoreksi kesalahan orang lain, sedangkan kamu sendiri melakukannya."
Di kutip dari grup wa ODOJ

No comments:

Post a Comment